Selasa, 28 April 2009

Apa itu JAZZ ?

Ada sebuah pertanyaan yang paling mendasar, tapi paling buanyaak jawabannya. “Apa itu Jazz?”. Ada yang jawab Jazz itu sulit di definisikan, ada yang jawab Jazz adalah musik dari amerika (ya memang, tapi yang ditanya “apa itu jazz?” bukan awal mulanya  ) dan masih banyak lainnya. Banyak di Indonesia mendefinisikan Jazz itu irama. Jadi mau itu RnB, mau itu pop yang penting berirama Jazz berarti Jazz. weleh2…kalo segampang itu main Jazz, semua orang bisa main Jazz :P.

Sangat sedikit media yang saya temukan mengatakan bahwa Jazz adalah...

style memainkan musik. Padahal itu jawabannya :D . Jawabannya singkat ya? “Jazz itu style memainkan musik”, tapi kok dibuat seakan-akan Jazz itu mbelibet. Kalo harmonisasi Jazz memang mbulet, tapi ini kan yang ditanyakan cuman definisi umumnya. Jangan di mbulet-mbuletin dong. Saking singkatnya artikelnya selesai sampai disini sebenernya juga ga masalah :lol: ahaha, jangan ah…nanggung :D

Style Jazz itu apa? Hiyaa, kalo dijelaskan secara detail ntar bisa nyenggol ke scale, chord dsb. Jazz itu intinya memberikan musisi kebebasan yang seluas-luasnya untuk memperindah lagu menurut musisi itu. Seandainya diukur pakai derajat, dari lagu yang cuman 5 derajat bisa berubah jadi 160 derajat atau malah mungkin 365 derajat (lebih dari putaran penuh maksudnya itu luas sekali :D ). Dari yang ngga miring sekalipun bisa berubah menjadi miring-miring-miring-muuuuuiiiiiirriiing, Luuaaassss sekali. Dari nada yang salah pun bisa jadi bener, dalam catatan harus mengikuti style Jazz. Entah itu harmonisasinya atau lainnya lah. Yang jelas Jazz itu luas sekali. Jadi kalau dibilang Jazz itu musik kaku,. Apa nggak salah ta?

Yah, rasanya cukup sampai disini. Jazz itu luass banget, berkreasilah bagaimana pun hasilnya (ya ‘kan ga mungkin langsung bisa bagus) jangan cuman melihat orang berkreasi, karena justru disinilah letak nikmatnya Jazz. Ayo kita tingkatkan semangat nge-Jazz!


Related Posts by Categories